Jumat, 23 Juli 2010

Muhasabah: Meluruskan Niat

Sahabat,
Jika kau belajar hari ini untuk kesuksesanmu dalam berkarir maka engkau akan mendapatkannya atau gagal.
Tetapi jika kau belajar untuk melaksanakan kewajiban demi rahmat dan ridho Allah maka kau akan mendapatkan ridhoNya.

Sahabat,
Jika saudaramu bergiat diri beribadah, berdoa agar lulus ujian akhir maka kau akan mendapatkannya atau gagal.
Tetapi beribadahlah karena Allah kapan dan dimana pun sambil tetap giat belajar, niscaya Allah melipat gandakan pahala saudaramu dan memberikan yang terbaik.

Sahabat,
Jika ayahmu menjalankan kewajibannya mencari nafkah agar kau dan keluarga bahagia, maka ayahmu akan mendapatkan rizkinya atau gagal
Tetapi ajaklah, mintalah ayahmu mencari rahmat Allah di muka bumi ini agar keluarga tetap sejahtera dan sehat wal afiat sehingga semakin mudah mendekatkan diri pada Allah, niscaya Allah menyayangi seluruh keluargamu lagi mendapat berkah.

Sahabat,
Cintailah sahabat-sahabatmu karena kecintaan mereka kepada Allah, niscaya engkau akan diringankan Allah membantu sahabat-sahabatmu dalam kesulitan.
Dan janganlah kau mencintai mereka dikarenakan sedikit keuntungan yang dapat kau ambil pada mereka, sebab keuntungan itu takkan kekal dan cintamu akan sirna.

Sahabat,
Cintailah permaisurimu karena agamanya, karena itulah yang melengkapi kekurangannya.
Dan janganlah engkau mencintai semata-mata karena kecantikannya karena itu akan lenyap ditelan masa, dan jangan pula kau mencintainya karena harta karena suatu hari Allah akan mengujimu dengan kekurangan harta sehingga cintamu menjadi tandus dan hilang.

Jadikanlah segala hal yang engkau perbuat semata-semata karena mengharapkan ridho Allah, niscaya kau akan dilapangkan hati dan bahagia sepanjang sisa hayatmu...

"Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas)berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan. “ (H.R. Bukhori no:01 dan Muslim no:1907)"


Salam manis,
Kutitipkan salam buat si kecil
Semoga kelak menjadi anak yang shaleh-shalehah
Agar membawa manfaat bagimu dunia akhirat
Aamiin



0 komentar: